RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SD Negeri 81/X Pematang Rahim
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IV / I
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Mendengarkan penjelasan tentang petunjuk
denah.
B.
Kompetensi Dasar
1.1. Membuat gambar / denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
C.
Tujuan Pembelajaran** :
§ Siswa dapat
Mendengarkan petunjuk arah yang dibacakan guru tentang Petunjuk Arah ke
Bumi Perkemahan
§ Siswa dapat Membuat denah berdasarkan
penjelasan yang didengar
§ Siswa dapat Menjawab
pertanyaan sesuai dengan denah
§ Siswa dapat
Menjelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat
v Karakter siswa yang diharapkan :
§ Bersahabat/ komuniktif.
v Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§ Percaya Diri
D.
Materi Pokok
§ Gambar / Denah
E.
Kegiatan Pembelajaran
§ Membuat denah
berdasarkan penjelasan yang didengar.
§ Menjawab pertanyaan
sesuai dengan denah.
§ Menjelaskan secara
lisan mengenai denah yang dibuat.
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
Apersepsi
dan Motivasi
:
-
Siswa diajak mengamati denah lokasi suatu tempat.
-
Bertanya jawab seputar denah yang diamati.
§ Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa diminta mendengarkan petunjuk arah yang
dibacakan guru.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Sambil mendengarkan guru membacakan petunjuk arah,
siswa diminta menggambar denah sendiri.
Petunjuk Arah ke
Bumi Perkemahan
Ikuti petunjuk untuk
mencapai Bumi Perkemahan. SD
YPBK berada di jalan Cip Bes-ut. Keluarlah dari SD YPBK , lalu ambil arah ke
kiri. Susuri pasar sampai mencapai jalan
raya. Lalu, naik mobil 06 A turut di UKI Naik mobil jurusan cibubur turut Di
sebelah kiri Bumi Perkemahan cibubur ada pos polisi.
F
Siswa bertanya kepada teman di sebelahnya apakah denah buatannya sudah benar!
F
Bertanya jawab tentang petunjuk arah yang dibacakan guru
& Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Siswa diminta menjelaskan secara lisan di depan
kelas tentang denah yang dibuat sendiri.
G.
Penilaian
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
· Bersahabat / Komunikatif : Tindakan yang memperlihatkan rasa senang
berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain
|
· Membuat gambar / denah
|
Tertulis dan penam-pilan
|
Uraian dan Lembar observasi
|
· Buatlah denah berdasarkan penjelasan yang didengar!
· Jelaskan secara lisan mengenai denah yang dibuat!
|
§ Gambar denah buatan
sendiri
Aspek
Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1.
Kesesuaian gambar
dengan petunjuk
yang dibacakan.
2.
Tanda penunjuk arah
ke sebuah lokasi Bu-
mi
Perkemahan
|
|
|
§ Penampilan
Penampilan siswa saat menjelaskan petunjuk denah di depan kelas.
Aspek Penilaian
|
Hasil /
Nilai
|
Keterangan
|
1. Kejelasan
ucapan
2. Kewajaran
intonasi
3. Keberanian
|
|
|
H.
Sumber / Alat
§ Buku paket
§ Gambar Denah
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
& LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak
memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...........
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia
.................................. ..................................
NIP/NIK
:
NIP/NIK :
0 komentar:
Posting Komentar
Berikan Komentar apa saja yang penting bukan spam aja, Blog ini sudah Do Follow!!!